Bahaya Keseringan Ngemil dan Cara Mengatasinya

Ilustrasi Ngemil


Healt Specialist - Tidak ada kata terlambat untuk menghindari atau bahkan berhenti dari kebiasaan buruk yang sering kita alami dalam kehidupan ini. Setiap manusia bisa dipastikan menghendaki kehidupan yang sehat secara jasmani maupun rohani. Namun demikian, terkadang perilaku tidak baik seringkali dilakukan dalam kehidupan secara terus menerus, sehingga menjadi kebiasaan dan berdampak negatif.

Salah satu kebiasaan itu adalah ngemil alias makan sembarang secara terus menerus, baik perut dalam kondisi lapar maupun tidak dan biasanya berupa makanan-makanan ringan atau dalam bahasa lainnya makanan camilan (Bahasa jawa: makanan ringan bukan jenis makanan pokok). Nah, lantas apa bahayanya jika ngemil itu dilakukan secara terus menerus ?

Salah satu resiko ngemil yang biasa terjadi yakni, hilangnya kepuasan diri terhadap respon positif setiap makanan yang dikonsumsi. Orang dengan kebiasaan ngemil, akan memliki resiko berat badan yang kurang sehat. Akibatnya berbagai gangguan kesehatan akan mudah menjangkiti. Seperti sakit jantung, diabetes dan penyakit serius lainnya.

Lebih berbahaya lagi jika cemilan itu merupakan jenis makanan siap saji, kerentanan terhadap serangan penyakit juga akan semakin besar. Hal ini disebabkan berbagai bahan pengolah yang terkadang kurang sehat.

Merubah kebiasaan ngemil itu memang tidak semudah berhitung satu sampai dengan sepuluh. Hanya dengan berfikir positif dan kemauan yang kuat maunusia mampu merubah kebiasaan itu. Memiliki tubuh dengan berat badan yang sehat dan ideal, tentu menjadi awal keinginan yang baik dalam merubah kebiasaan ngemil. Selalu memperhatikan pola makan, yang mana kita harus tanggap kapan saat betul-betul tubuh kita membutuhkan makanan. 

Berikut tip untuk menghidari agar kita tidak senantiasa ngemil :
Waktu Makan : Anda harus belajar menahan diri menyantap makanan pada saat tubuh kita belum betul-betul membutuhkan makanan. Sehingga pada waktunya makan, anda akan merasa lebih menikmatinya.
Mengurangi porsi makan : Makan yang berlebihan hingga kekenyangan, tentu akan membawa dampak secara langsung terhadap kondisi tubuh kita. Namun jika kita berhenti makan sebelum kenyang dan itu kita biasakan, secara bertahap hal ini akan mengurangi porsi makan anda. Khususnya bagi yang terlanjur keseringan ngemil hingga berdampak pada kelebihan berat badan, maka dengan pola ini lebih mempermudah mengontrol berat badan hingga memiliki berat yang ideal.
Makan secara cerdas : Kita harus memilki alasan yang tepat yakni karena lapar, bukan disebabkan hal-hal lainnya, contoh makan dengan alasan karena sedang marah, stres, melampiaskan nafsu makan dan lain-lainnya.
Berfikir positif : Ingat, jika selama ini anda sering ngemil sembarangan dan itu merupakan kebiasan yang tidak baik. Maka saat ini anda harus berfikir untuk meninggalkan kebiasaan lama itu dengan jalan senantiasa makan, makanan yang lebih sehat dan berkualitas.
Tinggalkan Makanan yang tidak sehat (junk food) : Sediakan makan sehat seperti buah-buahan, kacang dan gandum atau makanan lainnya yang memiliki kandungan lemak rendah pada tempat anda biasa beraktifitas maupun tempat anda saat bersantai.

0 komentar