Apakah Saya Punya Flu ?


Apa Itu Flu?
Ini adalah virus super-menular yang bisa membuat Anda merasa sengsara. Dokter menyebutnya influenza. Gejalanya biasanya lebih serius daripada bersin dan hidung tersumbat yang cenderung Anda dapatkan dari flu biasa.

Gejala Flu
Anda biasanya mulai merasa buruk dengan cepat daripada dari waktu ke waktu. Anda mungkin mengalami demam tinggi, sakit kepala dan nyeri otot, batuk, sakit tenggorokan, dan kelelahan. Anda juga mungkin memiliki hidung berair atau tersumbat, menggigil, sakit kepala, dan mual atau muntah.

Berapa Lama Orang Terserang Flu ?
Kebanyakan gejala menjadi lebih baik setelah sekitar 5 hari. Tapi terkadang mereka bisa bertahan selama seminggu atau lebih. Bahkan jika demam dan sakit Anda hilang, Anda masih bisa merasa lelah selama beberapa minggu.

Bagaimana Flu Menyebar
Anda bisa menangkapnya bila seseorang yang memilikinya bersin atau batuk, mengirimkan tetesan berisi virus ke udara yang Anda hirup. Anda juga bisa mendapatkannya jika Anda menyentuh tempat dimana virus mendarat dan kemudian menyentuh mulut, hidung, atau mata Anda. Flu lebih sering terjadi di musim dingin karena orang menghabiskan lebih banyak waktu untuk saling berhubungan satu sama lain, sehingga virus menyebar dengan lebih mudah.
Remedies rumah
Banyaklah beristirahat. Minum banyak cairan bening - air, kaldu, dan minuman olahraga - jadi Anda juga tidak mengalami dehidrasi. Anda juga bisa mencoba pelembab humidifier atau saline untuk membantu hidung tersumbat. Kumur dengan air garam untuk sakit tenggorokan.

Pengobatan Antiviral
Pil resep ini bekerja paling baik jika Anda meminumnya dalam 48 jam pertama merasa tidak enak. Obatnya bisa membuat gejala Anda kurang parah atau mempersingkatnya 1 atau 2 hari. Obat antiviral termasuk oseltamivir (Tamiflu), peramivir (Rapivab), atau zanamivir (Relenza). Bahkan setelah 48 jam, mereka masih bisa membantu mereka yang memiliki kasus flu yang buruk, berusia di atas 65 tahun, atau memiliki sistem kekebalan tubuh yang lemah.

 Baca : Harus Kawatikah Dengan Wabah Flu

Pengobatan Flu Lainnya
Obat sakit seperti acetaminophen, ibuprofen, atau naproxen bisa mengurangi demam dan nyeri pada tubuh. Dekongestan bisa membantu dengan hidung tersumbat. Dan obat batuk atau tetes bisa membantu menenangkan hacking Anda. Tanyakan kepada dokter Anda apakah obat-obatan ini tepat untuk Anda. Perlu diingat bahwa antibiotik tidak mengobati virus seperti flu. Satu-satunya saat mereka dapat membantu adalah jika Anda juga mendapatkan infeksi bakteri seperti sinusitis, pneumonia bakteri, atau infeksi telinga.

Menyembuhkan Flu dengan Vaksin
Itu cara terbaik untuk tetap sehat. Vaksin ini membantu tubuh Anda mengenali influenza dan melawannya. Karena virus berubah dari tahun ke tahun, Anda memerlukan vaksin baru sebelum dimulainya setiap musim flu di musim gugur. Vaksin tidak bisa memberi Anda flu. Hal itu dapat membuat Anda tidak terkena penyakit ini atau membantu menjaga gejala Anda tetap ringan jika Anda mengalami hal itu.

 Baca : Yang Harus Anda Ketahui Tentang H3N2 Flu

Cara Menghindari Serangan Flu
Anda bisa melakukan beberapa langkah sederhana lainnya untuk mengelak. Usahakan jangan sampai menyentuh mata, hidung, dan mulut Anda, karena kuman menyebar seperti itu. Cuci tangan Anda sering dengan sabun dan air. Atau gunakan pembersih tangan berbasis alkohol saat sabun dan air tidak ada.

Jika Anda sakit, Anda dapat mencegah orang lain terkena flu dengan menjauh dari mereka. Tutup mulut dan hidung Anda saat Anda batuk dan bersin juga. Jika Anda tidak memiliki tisu, peluh di bagian dalam siku Anda adalah tempat yang tepat untuk melakukannya, jadi Anda tidak terkena kuman di tangan Anda.

Menjaga Bayi dari Flu
Tidak mengasyikkan bagi orang dewasa untuk menghadapi gejala flu. Ini lebih sulit bagi bayi dan anak kecil. Mereka lebih cenderung mendapatkan masalah kesehatan terkait lainnya karena penyakitnya. Bicaralah dengan dokter Anda tentang vaksin flu untuk anak kecil dan bayi 6 bulan dan lebih tua. Influenza bisa lebih berbahaya bagi mereka daripada pilek.

 Baca : 5 Mitos Tentang Flu

Masalah yang Timbul Karena Flu
Kebanyakan orang sembuh setelah beberapa hari tanpa masalah. Tetapi beberapa mendapatkan kondisi seperti pneumonia, bronkitis, atau infeksi sinus dan telinga. Orang yang sudah memiliki masalah seperti asma atau gagal jantung bisa menjadi lebih sakit.

Waktu Untuk Mencari BanTuan
Segera dapatkan bantuan medis darurat jika Anda:
 - Memiliki kesulitan bernafas atau merasa sesak napas
- Rasakan tekanan atau nyeri di dada atau perut anda
- mengalami dehidrasi
- Merasa bingung
- Tidak bisa berhenti muntah

0 komentar