Hati-hati, 5 Pertanda ini Menunjukkan Sirkulasi Darah Anda Tidak Lancar

Ilustrasi
Healt Specialist - Tahukah anda? bahwa peredaran darah yang terjadi dalam tubuh kita sesungguhnya tidak pernah berhenti. Namun demikian jarang bagi kita untuk memperhatikan hal tersebut, hanya pada kondisi-kondisi tertentulah kita baru menyadari bahwa kita perlu memperhatikan darah yang ada dalam tubuh kita.

Jumlah darah yang dalam tubuh manusia sebanyak enam liter, tentu dalam peredaran darah secara normal manusia tidak akan merakan apa-apa, kecuali peredaran darah itu mengalami gangguan sehingga tubuh akan memberitahukan atas efek ketidak lancaran peredaran darah dengan berbagai tanda-tanda tertentu.

Pentingnya memperhatikan Sirkulasi Darah dalam Tubuh
Pada dasarnya darah yang berada dalam tubuh manusia memiliki fungsi untuk menghantarkan oksigen yang diperlukan sel-sel tubuh yang diperlukan manusia. kemudian fungsi darah yang lain diantaranya, memberikan nutrisi pada sel, menghilangkan limbah (karbon dioksida, urea dan asam laktat), melindungi tubuh dari infeksi, penyakit berdasarkan darah putih, mengangkut hormon dari satu bagian tubuh ke bagian tubuh lainnya, mengatur pH dan suhu tubuh.

Berikut Lima Tanda Sirkulasi Darah yang tidak Baik :
1. Kerja Otak Menurun
Untuk bekerja dengan baik, otak membutuhkan 15% hingga 20% dari seluruh total persediaan darah yang berada dalam tubuh kita. Kinerja otak kita akan menurun jika sirkulasi darah dalam tubuh kita tidak lancar, sehingga darah yang dibutuhkan dalam otak tidak terpenuhi. Dalam kondisi yang demikian, kemungkinan yang terjadi akan mengalami penyimpangan dalam ingatan atau kognisi lemah

Satu studi menunjukkan bahwa jika jantung tidak memompa darah cukup cepat, akibatnya aliran darah menurun ke otak. Seiring waktu, suplai darah yang tidak memadai dapat menyebabkan demensia, penurunan kognitif lainnya, dan penuaan otak pada umumnya. Penurunan suplai darah ke otak juga bisa menyebabkan gagap dan gangguan lainnya. Salah satu cara untuk memperbaiki sirkulasi darah adalah dengan berolahraga secara teratur.
2. Tangan dan Kaki Dingin
Sebagai gambaran, jika anda pernah mengalami kesemutan atau bahkan hingga mati rasa sesaat akibat posisi tubuh kita yang tidak berganti posisi, bisa saja hal tersebut sebagai tanda bahwa pada posisi itu aliran darah dalam tubuh anda tidak lancar.

Dingin atau mati rasa, luka yang membutuhkan waktu lama untuk sembuh, kuku jari kaki rapuh, atau kulit kaki atau tangan yang kebiruan atau retak dapat mengindikasikan bahwa bagian tubuh itu tidak mendapatkan cukup darah. Penderita diabetes terutama sering mengalami sirkulasi yang buruk, menyebabkan rasa sakit dan terkadang cacat pada kaki. ini merupakan salah satu indikasi darah dalam tubuh kita mengalami sirkulasi yang buruk.

Kelelahan
Sama sulitnya menjalani hari Anda jika Anda tidak makan, pada tingkat mikroskopis, sel tidak berfungsi dengan baik jika mereka tidak menerima nutrisi dan oksigen yang mereka butuhkan. Tubuh Anda secara otomatis memprioritaskan proses yang memiliki kebutuhan darah paling tinggi (seperti otak dan jantung) dan dapat mengurangi pasokan ke organ lain dan sistem tubuh. Sakit otot, sesak napas, dan kelelahan umum adalah salah satu tanda paling umum dari sirkulasi yang buruk.
4. Kurangnya Appetite
Sirkulasi darah yang buruk dapat mempengaruhi sistem pencernaan, dimulai dengan hati dan membentang ke usus. Hati menyaring darah dan juga diberi makan olehnya.

Selain itu, aliran darah penting untuk seluruh saluran pencernaan, karena plasma tercipta di sana dan mengambil nutrisi untuk diberikan ke seluruh tubuh.

Pengurangan nafsu makan atau penurunan berat badan secara mendadak dapat menandakan aliran darah yang buruk karena sistem pencernaan tidak memiliki energi untuk bekerja sekuat tenaga untuk memecah makanan. Hal ini dapat menyebabkan Anda merasa kenyang meski mengonsumsi makanan kecil.

Meskipun hal ini mungkin terdengar menarik, tubuh Anda masih memerlukan sejumlah kalori dan nutrisi penting setiap hari untuk menjaga kesehatan, sehingga tidak cukup makan dapat menyebabkan masalah lainnya. Selanjutnya, Anda mungkin merasa mual dan mengalami kesengsaraan pencernaan lainnya.
5. Varises Vena
Varises adalah tanda fisik yang paling jelas dari sirkulasi yang buruk. Ada katup di pembuluh darah yang mengatur aliran darah sehingga hanya menempuh satu arah - ke arah jantung. Katup ini bisa menjadi lemah dan bocor, sehingga darah miskin oksigen mengalir ke arah yang salah.

Hal ini menyebabkan pembuluh darah membengkak dan bisa terlihat melalui kulit. Spider veins mencerminkan skenario yang sama dalam skala yang lebih kecil. Varises sering tidak berbahaya, bagaimanapun, mereka menunjukkan risiko lebih besar untuk masalah peredaran darah yang lebih serius. []






0 komentar