10 Cara Menyembuhkan Emosional yang Terganggu



Kita mengalami tekanan emosi dalam segala macam cara, seperti kesedihan, kecemasan, kecanduan, obsesi yang tidak produktif, dorongan yang tidak diinginkan, perilaku sabotase berulang yang berulang-ulang, penyakit fisik, kebosanan, dan segala macam suasana hati yang marah, suram, dan gelisah.

Apa yang membantu menghilangkan kesusahan ini? Apa yang membantu seseorang untuk sembuh? Sistem kesehatan mental seperti yang sekarang disebutkan mengatakan bahwa dua hal berikut sangat membantu: obat - obatan dan terapi bicara . Menetapkan kedua kesamping itu, apa lagi yang membantu? Berikut ini sepuluh tips untuk penyembuhan emosional:

1. Jadilah dirimu sendiri

Anda harus menjadi diri sendiri. Ini berarti meminta apa yang Anda inginkan, menetapkan batasan, memiliki keyakinan dan pendapat Anda sendiri, berdiri untuk nilai-nilai Anda, mengenakan pakaian yang ingin Anda kenakan, makan makanan yang ingin Anda makan, mengatakan hal-hal yang ingin Anda katakan, dan dalam seratus cara lain adalah Anda dan bukan orang kecil atau palsu.

2. Temukan diri Anda

Anda datang dengan atribut, kapasitas dan kecenderungan dan Anda dibentuk dalam lingkungan tertentu . Tetapi pada titik tertentu Anda harus mengatakan, "Oke, ini adalah apa yang asli bagi saya dan ini adalah bagaimana saya telah dibentuk tetapi sekarang siapa yang saya inginkan ?" Anda mengurangi tekanan emosi Anda dengan memutuskan untuk menjadi orang yang akan mengalami kurang tekanan emosional: orang yang lebih tenang, orang yang kurang kritis, orang yang kurang egois, orang yang lebih produktif, orang yang kurang egois, dan sebagainya. 

3. Cinta dan dicintai

Bagian dari sifat kita membutuhkan kesendirian, waktu sendirian, dan individualisme kasar yang substansial. Tapi ini bukan keseluruhan cerita tentang sifat kita. Kami merasa lebih bahagia, lebih hangat dan lebih baik, hidup lebih lama, dan menjalani hidup lebih bermakna jika kami mencintai dan membiarkan diri dicintai. Kita harus menjadi individu (lihat tips 1 dan 2) tetapi kita juga harus berhubungan. Untuk melakukan keduanya, baik menjadi diri kita sendiri dan berhubungan, mengharuskan kita mengakui realitas lain, termasuk orang lain dalam rencana kami, tidak hanya berbicara, tetapi mendengarkan, dan membuat diri kita fit dengan menghilangkan kesalahan lebih mengerikan dan oleh tumbuh.  

4. Dapatkan pegangan di pikiran Anda

Tidak ada yang menyebabkan tekanan emosional lebih dari pikiran yang kita pikirkan. Kita harus melakukan pekerjaan yang lebih baik daripada yang biasanya kita lakukan untuk mengidentifikasi pikiran yang tidak melayani kita, mempermasalahkannya dan menuntut agar mereka pergi, dan menggantikan pikiran yang lebih berguna. Memikirkan pikiran yang tidak melayani Anda adalah sama dengan melayani diri Anda sendiri dari tekanan emosional. Hanya Anda yang bisa menguasai pikiran Anda sendiri; jika Anda tidak akan melakukan pekerjaan itu, Anda akan hidup dalam kesusahan.

5. Lupakan masa lalu

artikel berlanjut setelah iklan
Kita tidak sepenuhnya mengendalikan keberadaan kita sehingga kita dapat mencegah titik-titik sakit di masa lalu untuk kembali. Mereka memiliki cara mengganggu kita seperti berkeringat, mimpi buruk , kesedihan yang tiba-tiba, dan gelombang kemarahan atau kekalahan. Tetapi kita tetap bisa mencoba untuk mengusir masa lalu dengan tidak bermain bersama dengan kecenderungan manusia kita untuk berkubang di sana. Kita harus mengatakan pada diri sendiri untuk melangkah dan bersungguh-sungguh. Jika Anda memiliki keterikatan rahasia dengan kesengsaraan, Anda akan merasa sengsara. Sebisa mungkin, tidak sempurna tetapi dengan energi nyata, lepaskan masa lalu dan lupakan masa lalu.

6. Matikan sakelar kecemasan

Kecemasan yang merajalela menghancurkan keseimbangan kita, mewarnai suasana hati kita, dan membuat semua tugas yang sudah sulit hidup yang jauh lebih sulit. Ada banyak strategi manajemen kecemasan yang mungkin ingin Anda coba — teknik pernapasan, teknik-teknik kognitif , teknik-teknik relaksasi, dan sebagainya — tetapi apa yang akan membuat perbedaan adalah jika Anda dapat menemukan “sakelar dalam” yang mengendalikan sifat cemas Anda dan, memutuskan bahwa Anda lebih suka hidup lebih tenang, balikkan ke posisi off. Dengan satu gerakan Anda mengumumkan bahwa Anda tidak akan lagi melakukan dramatisasi, bahwa Anda tidak akan lagi membuat bencana, bahwa Anda tidak akan lagi menjalani kehidupan yang menakutkan atau menciptakan kecemasan yang tidak perlu bagi diri Anda sendiri.

7. Buatlah makna

artikel berlanjut setelah iklan
Makna tidak lebih misterius daripada jenis pengalaman psikologis subjektif tertentu. Kita bisa memiliki lebih banyak arti dalam hidup kita jika kita berhenti mencari untuk itu, seolah-olah itu hilang atau seolah-olah orang lain tahu lebih banyak tentang hal itu daripada yang kita lakukan, dan menyadari bahwa itu adalah dalam kekuasaan kita untuk mempengaruhi makna dan bahkan membuatnya. Dengan membuat investasi makna harian dan dengan memanfaatkan peluang makna harian, kita memegang krisis berarti di teluk dan menjalani hidup sebagai sesuatu yang berarti. Makna masalah menghasilkan tekanan emosional yang parah dan belajar seni membuat makna berbasis nilai secara dramatis mengurangi kesusahan itu.

8. Biarlah arti mood truf

Anda dapat memutuskan bahwa makna yang Anda buat lebih penting bagi Anda daripada suasana hati yang Anda hadapi. Daripada mengatakan "Saya biru hari ini" Anda malah berkata, "Saya memiliki bisnis saya untuk membangun" atau "Saya punya novel saya untuk tulis. "Anda memulai setiap hari dengan mengumumkan kepada diri sendiri bagaimana Anda bermaksud membuat makna pada hari itu, bagaimana Anda berniat menangani tugas-tugas dan tugas-tugas rutin, bagaimana Anda berniat untuk bersantai — bagaimana, singkatnya, Anda bermaksud menghabiskan hari Anda —dan Anda mempertimbangkan semua itu, orang kaya dan duniawi, sebagai proyek hidup Anda, yang Anda hidupi dengan rahmat dan dalam semangat yang baik. Anda mengurangi tekanan emosional Anda dengan memeriksa lebih banyak tentang niat Anda dan kurang pada suasana hati Anda.

9. Tingkatkan kepribadian Anda

artikel berlanjut setelah iklan
Anda mungkin bukan orang yang Anda inginkan. Anda mungkin lebih marah daripada yang Anda inginkan, lebih impulsif , lebih tersebar, lebih menyabotase diri, lebih tidak disiplin, lebih takut. Jika demikian, Anda memerlukan peningkatan kepribadian, yang tentu saja hanya dapat Anda berikan. Anda memilih fitur kepribadian Anda yang ingin Anda tingkatkan dan kemudian Anda bertanya pada diri sendiri, pemikiran apa yang sejalan dengan niat ini dan tindakan apa yang sejalan dengan niat ini? Kemudian Anda memikirkan pemikiran yang tepat dan mengambil tindakan yang diperlukan. Dengan cara ini Anda menjadi orang yang mampu dan setara untuk mengurangi tekanan emosi Anda.

10. Hadapi keadaan

Akankah Anda mengalami lebih banyak kesusahan menjemur diri di pantai atau menghadapi hukuman penjara yang panjang? Keadaan penting. Keadaan ekonomi kita penting; hubungan kita penting; kondisi kerja kita penting; masalah kesehatan kita; apakah bangsa kita damai atau diduduki oleh hal-hal penjajah. Banyak keadaan benar-benar di luar kendali kami dan banyak yang berada dalam kendali kami. Kita dapat mengubah pekerjaan atau karier, kita dapat bercerai , kita dapat mengurangi asupan kalori kita, kita dapat berdiri atau diam, kita dapat melakukan sebanyak yang dapat kita lakukan untuk memperbaiki keadaan kita. Sebagai hasil dari peningkatan itu, kami merasa lebih baik secara emosional. Penyembuhan emosional mengharuskan Anda mengambil tindakan nyata di dunia nyata.

Siapa yang tahu jika kita berada dalam pergolakan " epidemi depresi baru " atau "wabah kecemasan baru" atau apakah tekanan emosi yang tajam telah menjadi ciri penting eksistensi manusia sejak awal. Yang berbeda sekarang adalah bahwa paradigma tentang pertolongan diri sepenuhnya tersedia bagi siapa saja yang ingin mengurangi tekanan emosionalnya. Anda bisa memahami diri sendiri; Anda dapat membentuk niat dan melaksanakannya; Anda dapat belajar dari pengalaman; Anda bisa tumbuh dan menyembuhkan. Tentu tidak ada yang benar jika Anda tidak mau melakukan pekerjaan yang diperlukan. Tetapi jika Anda, Anda memiliki peluang bagus untuk mengurangi tekanan emosional Anda dan mengalami kesehatan emosional yang tulus. 

0 komentar